Sabtu, 06 November 2010

laju inflasi

(Vibiznews – Economy) – Inflasi di Indonesia untuk tahun 2010 ini diharapkan akan berada di atas level 6%. Memang Bank Indonesia sendiri telah menetapkan target inflasi pada kisaran 4 – 6% untuk tahun 2010 ini. Akan teatpi para analis memandang tercapainya inflasi di bawah 6% membutuhkan kerja ekstra keras dan kurang mencerminkan kondisi riil saat ini. (28/07)

Pada tahun 2009 lalu Bank Dunia memperkirakan bahwa tingkat inflasi di Indonesia pada tahun 2010 hanya akan mencapai level 5.4%, setelah pada tahun 2009 realisasi inflasi berada pada posisi 2.9%. Akan tetapi seiring dengan adanya kebijakan kenaikan tariff dasar listrik (TDL), tampaknya pemerintah harus terpaksa mengakui bahwa tingkat inflasi tersebut sulit untuk dicapai.

Tekanan Inflasi di Semester II Naik Imbas Kenaikan TDL dan Hari Raya
Kenaikan TDL yang secara resmi diberlakukan pada tanggal 1 Juli lalu telah menuai banyak pro dan kontra. Langkah pemerintah untuk mengurangi beban subsidi tampak ditanggapi dingin oleh masyarakat luas, baik pengguna perorangan maupun pengguna industri. Tujuan kenaikan TDL ini dimaksudkan untuk mengendalikan besaran subsidi listrik yang mencapai Rp 55.1 trilyun pada tahun 2010.

Pemerintah menyatakan bahwa kenaikan TDL sebesar rata-rata 10% mulai tanggal 1 Juli relative tidak terlalu berpengaruh terhadap inflasi. Bank Indonesia juga memperkirakan rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik (TDL) mulai awal Juli 2010, tidak banyak mempengaruhi inflasi.

Menurut Deputi Gubernur BI, S.Budi Rochadi, jika TDL hanya dinaikkan untuk pelanggan golongan daya di atas 900 VA, inflasi hanya akan mengalami kenaikan sebesar 0.2%. Akan tetapi jika dinaikan secara keseluruhan, semua pelanggan dengan semua daya, maka diperkirakan inflasi naik sekitar 0.4%.

Di lain pihak masyarakat merasa di beratkan akibat kenaikan TDL ini. Menurut mereka kenaikan TDL akan memicu kenaikan kebutuhan pokok lain, sehingga meskipun porsi listrik terhadap perhitungan inflasi kecil, kenaikan harga barang pokok akibat efek domino kenaikan TDL akan menjadikan inflasi yang cukup besar.

Ekonom Indef, Ahmad Erani Yustika mengatakan, pemerintah akan kesulitan mengendalikan laju inflasi dan ekspektasi masyarakat menyusul kenaikan TDL. Menurutnya yang tidak bisa dikontrol pemerintah itu, pemerintah manapun di dunia ini, adalah ekspektasi. Dan itu dalam jumlah yang signifikan.

Dalam simulasi sederhana, kenaikan TDL sebesar 10-15% itu hanya akan menaikkan inflasi sebesar 0.25%. Tapi yang tidak bisa diisolasi pemerintah itu adalah ekspektasi masyarakat dan dampaknya di sektor-sektor lain seperti bahan makanan.

Di samping kenaikan TDL yang ditegaskan memberatkan, dampak ini juga lebih terasa karena waktu penetapan kenaikan TDL ini bertepatan dengan jelang puasa. Seperti yang lazim terjadi, kenaikan bahan kebutuhan pokok jelang puasa dan lebaran merupakan sesuatu yang pasti. Kondisi ini tentunya akan menambah beban ekspektasi inflasi di tingkat masyarakat.

sumber :http://www.vibiznews.com/column/economy/2010/07/28/inflasi-indonesia-diperkirakan-capai-6-oleh-kenaikan-tdl-dan-jelang-puasalebaran

1 komentar: