Selasa, 04 Januari 2011

Ditemukan lagi Tata Surya Di Luar Bima Sakti

Ditemukan lagi tata surya baru di luar Bima Sakti dengan 5 planet ukuran besar. Bintang yang menjadi pusat tata surya itu berjarak 127 tahun cahaya dari rasi bintang Hydrus, demikian European Southern Observatory (ESO) yang dikutip nationalgeographic.co.id. 26 Agustus 2010.

Penemuan planet di luar Bima Sakti ini merupakan terbesar sejak 15 tahun terakhir. Para astronom sudah memastikan 5 planet yang mengelilingi bintang disebut HD 10180.

Kelima planet itu besar-besar, sebesar Planet Neptunus, yang mengelilingi HD 10180 dengan jarak relatif lebih dekat ketimbang planet-planet di Bima Sakti mengelilingi matahari. Setiap planet mengelilingi HD 1080 dalam rentang waktu 6 sampai 600 hari. Sebagai perbandingan, bumi mengelilingi matahari butuh waktu 365 hari.

Planet-planet yang mengelilingi bintang tersebut ditemukan melalui penelitian selama 6 tahun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan spektograf, alat untuk menangkap dan menganalisis cahaya.

Metode penelitian dilakukan berdasarkan pembelokan cahaya yang diakibatkan oleh gravitasi planet. Sedikit saja cahaya berbelok, bisa menjadi arti besar dalam menentukan massa planet.

Selain kelima planet, astronom masih menyelidiki kemungkinan adanya 2 planet lagi di tata surya itu. Salah satu planet berukuran sangat besar, sekitar ukuran Saturnus, dan mengorbit dalam waktu 2.200 hari. Planet lainnya sebesar 1,4 kali massa Bumi dan berjarak sangat dekat dengan HD 10180. Planet ini merupakan planet terkecil di tata surya itu. (*)


sumber : http://www.tribunnews.com/2010/08/27/ditemukan-lagi-tata-surya-di-luar-bima-sakti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar